Ingress: Ops Odading (Oktober Mendadak Fielding)

 Ops

Melanjutkan tulisan dengan topik game Augmented Reality besutan Niantic yaitu Ingress. Sebelumnya, telah dibahas mengenai Solo HCF5 yang bisa saya lakukan sendiri. Nah Ingress ini selain bisa dinikmati sendiri, tentunya bisa juga dimainkan dengan bekerjasama. Kali ini, kami agent dari faksi Enlightened Bandung membuat suatu perencanaan dan eksekusi rencana multilayer Big Area of Field (BAF). Nah proses perencanaan dan eksekusi yang melibatkan banyak agent inilah yang lumrah disebut Ops di game Ingress. Dari sisi bahasa, Ops adalah singkatan dari Operations. Nah biasanya suatu Ops diberi nama yang terkait dengan tipe field/link yang dibuat atau ya asal ada namanya yang lucu dan menarik juga banyak. Ops kali ini diberi nama Ops Odading seperti yang lagi viral itu, Odading Mang Oleh, Rasanya ****** banget! Siapa tau Ops ini ikut viral ya kan? Nah biasanya dibalik Ops yang sudah dieksekusi, tentunya ada suatu report bagaimana sih Ops itu direncanakan dan dieksekusi. Karena bagi agent di luar tim tentunya tidak tahu apa dan bagaimana yang sebenarnya terjadi di balik Ops tersebut. Nah Report tersebut lumrah disebut SITREP atau Situation Report. Sitrep ini sudah dipost juga di forum ENL ID (klik disini). Tapi buat arsip saya pribadi juga mau di posting di blog ini. Doakan lancar next post tentang Ingress rencananya mau buat sejenis beginner guide nya Ingress. Selamat membaca, mudah-mudahan ada yang tertarik main Ingress juga, hehehe.


Situation Report

4 Oktober 2020

Pukul 12.28  Semua link di Portal Kotak Head Purwakarta clear, sehingga diskusi di grup ENL Bandung bergulir, untuk setidaknya membuat link dari dan ke portal strategis yang sebelumnya terhalang blok link Portal Kotak Head yang lokasinya sulit diakses karena berada di dalam kawasan Pabrik Jaya Beton. 

Beberapa blok link dibuat agar tidak ada lagi link biru dari Bandung ke Kotak Head. Dengan area yang cukup clear dari blok link, diskusi Ops pun berjalan dengan ide-ide yang cukup liar. Beberapa portal anchor dengan ketersediaan Portal Key sisa-sisa Ops terdahulu menjadi pertimbangan untuk menjadi base link dan field.

Akhirnya setelah diskusi cukup panjang dengan pertimbangan banyaknya Cross Link (CL), ketersediaan waktu dan keberadaan agent ENL di lokasi-lokasi yang ditentukan, akhirnya plan yang dipilih untuk Ops kali ini adalah multilayer field Ujung Genteng - Cikatomas Tasikmalaya - Pegaden Subang. Plan ini baru difinalisasi sekitar pukul 15.40. 

Agent @z0mbiecastle dengan semangat membara menyambut plan ini dan bersedia melakukan tugas paling berat dari OPS ini, yaitu clear cross link di sisi timur, Tasikmalaya dan membuat base field Cikatomas - Ujung Genteng. Upaya untuk mengajak agent lain ke Tasik dari Bandung saat itu juga dianggap ide gila oleh @alzinatuI lewat percakapan japri yang kocak:

> @z0mbiecastle: Ngilu ka tasik moal :face_with_hand_over_mouth:

> @alzinatuI: iraha

>@z0mbiecastle: Ayeuna

> @alzinatuI: make motor maneh?

>@z0mbiecastle: Enya

> @alzinatuI: rek naon kaditu

>@z0mbiecastle: Kuyaa, teu maca di grup ((plan OPS))

> @alzinatuI: 5 jam any*ng kadinya teh

>@z0mbiecastle: Ehh 

Dengan persiapan luar biasa singkat dan pematangan plan kilat maka @z0mbiecastle otewe ke Tasikmalaya seorang diri dengan sepeda motornya. @z0mbiecastle tiba di lokasi portal CL pertama yaitu Miftahul Huda Mosque di Tasikmalaya sekitar pukul 22.00 dan melakukan flip destroy untuk menghilangkan CL. 



Kemudian setelah mobilisasi ke portal anchor tenggara yaitu Masjid Besar Cikatomas dan berkoordinasi dengan @rezhah untuk Clear CL hijau dari Miftahul Rido dengan flip portal maka base link ini terbentuk pada pukul 12.07 AM. 


Sambil menunggu, @z0mbiecastle tak lupa mengisi perut dulu dengan nasi goreng di seberang Masjid Besar Cikatomas biar setrong  dan Ops lancar hingga sukses.



5 Oktober 2020


Sesuai plan yang sudah dibuat, agent @5hinx yang menuju tempat kerja nya di Pegaden Subang dini hari dan rencana action akan dilakukan pada sekitar pukul 7.00 bersamaan dengan clear CL biru di Ngamprah oleh @galih1993 dan sebelumnya clear CL hijau dengan flip portal MAsjid Jami Baitussalamoleh @rezhah sekitar pukul 6.05.




Alhamdulillah sesuai rencana, setelah semua CL clear, @5hinx bisa melakukan field pertama di Kantor Pos Pegaden, Subang. Sebuah BAF (Big Area of Field) dengan MUs Captured sebesar 9.825.081 (Sembilan Juta Delapan Ratus Dua Puluh Lima Ribu Delapan Puluh Satu!) pun tercipta dengan indahnya pada pukul 6.58 AM UTC+7.


Sukses! Selanjutnya dengan ketersediaan PK yang ada, maka field dilanjutkan multilayer sesuai rencana dengan melakukan flip terlebih dahulu portal utara (Kantor Pos Pegaden) oleh @5hinx dan bersamaan @dzulfadlie melakukan multilayer fielding ke arah utara pada pukul 7.23.





Field dengan tebal 6 layer senilai 58.648.337 MU (Lima Puluh Delapan Juta Enam Ratus Empat Puluh Delapan Ribu Tiga Ratus Tiga Puluh Tujuh Mind Unit!) pun sukses tercipta dan menutup area yang dilingkupi antara lain Bandung Raya, Subang Kota, Tasik hingga Ujung Genteng.




ENL pun merayakan keberhasilan OPS ini dengan membuat fireworks di lokasi masing masing.


Walaupun akhirnya BAF ini tidak bertahan lama karena ada gangguan spoofer yang take down portal anchor tenggara, Masjid Besar Cikatomas sekitar pukul 10.05 AM UTC+7. Namun hal ini tidak mengurangi sedikitpun keberhasilan OPs ODADING (Oktober Mendadak Fielding) ini. Tentunya, keberhasilan ini dan persembahkan untuk ENLIGHTENED INDONESIA. VIVA LA ENLIGHTENED! STAY GREEN STAY ENLIGHTENED!


Agents

@z0mbiecastle - destroyer, linker, MVP

@Djatisunda - plan

@5hinx - destroyer, linker, fielder

@dzulfadlie - fielder

@galih1993 - destroyer

@rezhah  - plan, destroyer

@Gisyaka - plan, block link

@noregardd - plan

@Namalla - destroyer

Galeri dokumentasi lainnya:












Komentar

Postingan Populer