Panduan Pembuatan Exraid Gym Pokemon GO Indonesia (Step by Step)


Pada post sebelumnya, kita sudah bisa membuat pokestop dan gym di lokasi yang diinginkan dengan syarat agar bisa menominasikan adalah trainer level 40 di Pokemon Go atau jika bermain Ingress, harus mencapai level 10. Dari postingan tersebut, kita telah mengenal S2 Cells dan tools IITC untuk membantu penempatan titik nominasi agar nominasi kita live sebagai pokestop ./ gym di game Pokemon GO. Begitupun proses review dan manajemen nominasi kini bisa diakses lewat wayfarer oleh trainer level 40 Pokemon Go setelah sebelumnya hanya bisa diakses agent Ingress level 12 ke atas, juga telah saya bahas pada postingan kedua. Hal yang belum dibahas secara spesifik dari kedua post sebelumnya di blog saya tersebut adalah Exraid Gym.  



Salah satu Exraid Gym baru di Bandung yang dibuat dari Nominasi Baru
Nah sebagai penggemar game Pokemon GO, tentunya familiar dengan istilah Exraid Gym atau Gym yang bisa memberikan undangan khusus dengan waktu dan tempat spesifik bagi trainer tertentu untuk kemudian menghelat Exclusive Raid (Exraid) dengan Raid Boss tertentu yang hanya bisa dilawan dan didapatkan dari Exraid itu sendiri. Beberapa raid boss dari Exraid yang telah keluar diantaranya adalah Mewtwo, Deoxys (semua form dari Normal, Attack, Speed, dan Defense), dan terakhir Regigigas. Sebelum pandemi Covid-19 rencananya Niantic akan mengeluarkan Exraid Boss baru yaitu Genesect. 

Niantic selaku pengembang game Pokemon GO ini menentukan kriteria khusus bagi lokasi Exraid Gym, tentunya diluar sponsored Exraid Gym ya. Beberapa kriteria di antaranya adalah lokasi Gym yang eligible menjadi Exraid Gym berada di taman. Secara spesifik, tag lokasi taman ini, Pokemon GO mengacu pada data pemetaan dari OpenStreetMap (bukan Google Maps!). Dengan segala keistimewaan dan keterbatasan jumlah exraid gym yang di beberapa wilayah tidak merata, maka panduan pembuatan exraid gym menjadi cukup menarik untuk dibahas. Nah langkah-langkah yang perlu diketahui bagi trainer yang memiliki rencana membuat Exraid Gym di daerahnya akan dibahas pada postingan saya ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat, selamat membaca!


Explore Eligible Area di daerah sekitar dari OpenStreetMap

Seperti saya uraikan di paragraf sebelumnya, Pokemon GO mengacu tag lokasi dari data pemetaan OpenStreetMap (OSM), bukan menggunakan pemetaan Google Maps!. Sebagai informasi, OpenStreetMap sifatnya adalah Open Source sehingga siapapun dapat menjadi kontributor dan melakukan edit pada data pemetaan OSM. Namun, untuk mencegah perubahan terus menerus pada game, maka Niantic sejauh ini membatasi timestamp data OSM yang digunakan dan baru sekali dilakukan update yaitu terakhir pada Februari 2019. Jadi kemungkinan untuk merevisi OSM dengan harapan membuat Gym yang ada saat ini di lokasi sekitar menjadi Exraid Gym sangat kecil dan bergantung pada Niantic, kapan lagi akan melakukan update database OSM. Maka saya lebih merekomendasikan database terakhir yang valid untuk merencanakan Exraid Gym karena sifatnya cukup pasti dan sudah dibuktikan komunitas kami di Bandung dengan membuat puluhan Exraid Gym baru belakangan ini.

1. Untuk melihat database OSM terakhir yang digunakan oleh Pokemon GO, teman-teman dapat mengakses situs berikut untuk memudahkan http://overpass-turbo.eu/s/JAb (credit: subReddit TheSilphRoad)
2. Arahkan maps pada lokasi yang akan diexplore. Sesuaikan kebutuhan dengan luasan area yang akan dicari, semakin luas, proses running akan lebih lama. Pada contoh kali ini saya akan menggunakan area Bandung Raya sebagai berikut. Tentunya teman-teman bisa coba-coba sendiri sesuai area masing-masing ya. 


Tampilan Overpass Turbo untuk mengecek Tag Eligible Area di OpenStreetMap
3. Setelah itu bisa di klik Run pada pojok kiri atas sehingga didapat tampilan highlight area eligible sebagai berikut. (Note: seperti saya sebutkan di atas, sesuaikan kebutuhan luasan area yang ingin diketahui karena semakin luas area semakin lama proses running, untuk seluas area Bandung Raya yang saya lakukan ini estimasi waktu yang dibutuhkan adlaah sekitar 5 menit)
Tampilan output hasil Running Overpass Turbo
Area berwarna hijau adalah area eligible. Dalam area besar seperti gambar di atas terlihat lingkaran hijau namun jika di zoom in untuk area yang ingin kita ketahui lebih detail akan menjadi lebih jelas bentuknya sesuai tag area OSM seperti sebagai berikut. (Contoh Lapangan Gasmin Antapani Bandung seperti contoh Exraid Gym pada gambar paling awal)


Contoh Area eligible, Lapangan Gasmin Antapani Bandung
3. Data hasil running ini dapat di export ke dalam file .kml agar bisa digunakan kemudian hari tanpa perlu melakukan running kembali yang cukup memakan waktu. Saya pribadi lebih menyukai overlay file .kml hasil run ini ke dalam IITC sehingga tampilan S2 Cell beserta tag area eligible menjadi lebih jelas dan akurat untuk proses pembuatan Exraid Gym. Untuk export file kml dapat klik menu Export lalu pilih download as KML. Beri nama file (rename) dengan area yang dimaksud, pada contoh ini saya beri nama "Exraid Bandung Raya.kml" (Bisa diunduh disini bagi yang membutuhkan: klik disini)


Export, download as KML

Perencanaan dengan IITC

4. Pada postingan pertama, saya telah membahas mengenai IITC versi mobile yang dapat membantu pemetaan S2 Cells untuk membantu penentuan lokasi nominasi. Nah untuk kebutuhan perencanaan Exraid Gym, saya pribadi lebih nyaman menggunakan versi desktop. Untuk pengguna browser Chrome dapat klik disini untuk menginstall add-on. Selanjutnya sama dengan versi mobile, file plugin pogo tools tetap harus diinstall pada IITC versi desktop (klik disini untuk mengunduh file plugin pogo tools). Aktifkan plugin tersebut juga plugin overlay kml files pada sub menu layer.

Tampilan IITC versi desktop
aktivasi plugin overlay KML
5. Klik logo open file pada sisi kiri IITC (icon kedua dari atas) untuk load KML file area yang sudah dirun dari OverpassTurbo pada step sebelumnya. Maka akan keluar area highlights pada area eligible sebagai berikut (warna abu tua).


Highlights area eligible (warna abu tua) dari overlay file KML pada IITC


Eligible Area Lapangan Gasmin Antapani Bandung


Sebagai catatan, ada parameter lain selain titik koordinat gym (lokasi sistem sesuai nominasi/edit jika sudah digeser) yang di gambar di atas digambarkan oleh lingkaran orange kecil, yaitu parameter titik pusat gym yang titiknya berbeda dari titik koordinat gym, pada gambar di atas disimbolkan dengan tanda X merah. Lokasinya sering berbeda antara satu gym dan lainnya, bisa di manapun di sekitar titik koordinat orange. Untuk mengaktifkan opsi ini bisa klik pogo setting di IITC (bagian yang setting level cell S2 seperti gambar berikut), aktifkan opsi : "Put an X in the center of the Celss with a Gym (for determining EX-eligibility".


Pilihan Pogo setting

Untuk gym yang ingin dijadikan Exraid Gym, titik X merah gym harus berada di dalam area eligible seperti gambar di atas, jika di titik koordinat gym didalam area namun tanda X di luar area, maka gym tersebut tidak akan menjadi Exraid gym dan harus digeser lokasinya sedemikian sehingga tanda X gym berada di dalam area eligible. Contohnya Gym PMK Statue (Jalan Dago, Bandung) ini.


Gym PMK yang titik kooridnatnya di dalam area eligible, tapi titik pusat X gym nya berada di luar sehingga belum menjadi Exraid Gym
  • Proses pembuatan Gym ini sendiri sama persis dengan uraian pada postingan pertama, yaitu ada jumlah bilangan PS+Gym tertentu yang harus dicapai untuk trigger gym baru.
  • Untuk memastikan Gym baru sesuai rencana, Poin like dari jumlah foto dan jumlah total like foto dari Ingress haruslah yang paling besar di antara kandidat gym lainnya. 
  • Untuk contoh kasus Gasmin ini, sebelumnya sudah ada 2 Gym dan 4 PS, sehingga untuk triggger Gym baru, dibuat PS baru di area eligible yaitu Lapangan Basket Gasmin, kemudian dengan bantuan komunitas, jumlah foto ditambah dan jumlah like dipastikan menjadi terbesar dibanding kandidat lain. 
  • Kemudian proses dilanjutkan hingga menjadi 3 Gym dan 17 PS (20 wayspot Pogo untuk trigger gym ketiga). Dan jadilah Gym baru di area eligible. 
  • Untuk label Exraid, Niantic melakukan sync pada tanggal 26 setiap bulannya, tepatnya pada pukul 1.00 dini hari Waktu Indonesia Barat (WIB). Jika label belum ada namun semua syarat di atas sudah dipenuhi, pada beberapa kasus memang update nya terjadi pada bulan berikutnya atau selanjutnya lagi.
  • Trainer Pogo kini dapat melakukan edit lokasi sehingga Gym Exraid juga bisa dibuat dengan menggeser Gym Existing yang lokasinya berdekatan dengan area eligible, ke dalam zona area eligible (pastikan tanda x merah Gym berada di dalam area eligible). Beberapa kasus exraid gym baru dapat dibuat dengan metode ini.
Terima kasih sudah membaca, semoga sukses proyek Exraid Gym di lokasi teman-teman ya.

Komentar

  1. kok eror trs pas klik rn ya gan? tidak mendapat hasil mapnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya terkadang error, koneksi internet harus stabil dan area usahakan tidak terlalu luas agar running cepat. Kalau sekedar ingin tahu area eligible secara kasar bisa juga lihat di pogomap

      Hapus
  2. dapat file kmznya darimana ya
    soalnya yang di download file js

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat running di overpass, export as KML jangan js

      Hapus
  3. S3 Per-GIS-an 😌

    BalasHapus
  4. cara install pogo gimana bg? saya pakai iitc versi ekstensi chrome

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer