Melacak smartphone android yang hilang

Sebuah cerita pengalaman yang cukup berharga. Malam itu, saya dengan ceroboh menyimpan smartphone bertipe android milik saya di saku luar jaket yang jarang saya pakai. Padahal saku jaket tersebut cukup dangkal. Saat itu saya sedang terburu-buru dan menuju suatu toko dekat rumah yang jaraknya sekitar 1.5 km dengan menggunakan sepeda motor. Sesampainya di toko tersebut, saya tidak menemukan smartphone saya lagi dan merasa mungkin hanya tertinggal di rumah. Saya bergegas menuju rumah dan smartphone saya benar-benar hilang. Kemungkinan terbesar: terjatuh di perjalanan mengendarai motor dari rumah ke toko. Setelah dicari berkali kali di jalanan dan ditelepon, namun tidak aktif dan tidak diketemukan. Akhirnya saya coba menggunakan smartphone istri saya untuk mencari posisi smartphone saya menggunakan fitur find my device dari android om google (klik disini).

Lokasi smartphone android saya terlacak di find my device

Kemudian, saya masukkan akun google yang saya pakai di smartphone saya dan ternyata smartphone saya sedang offline dengan terlacak lokasi terakhirnya adalah daerah sepi dan cukup jauh dan sulit dijangkau dari rumah, dan waktu itu sudah cukup malam. Saya coba gunakan fitur lock device agar smartphone saya tidak disalahgunakan. Fitur find my device juga memungkinkan kita untuk menampilkan pesan tertentu yang kita inginkan di layar yang sudah terkunci, yaitu lock message. Saya terus mengupdate lock message dengan kalimat persuasif agar yang menemukan mengembalikan smartphone saya ke alamat rumah karena ada imbalan dan saya cantumkan juga nomor telepon istri yang bisa dihubungi. Saya cek kemudian, smartphone saya online dan lokasi tetap di tempat yang sama, baterai sudah lemah di bawah 10%. Saya terus berusaha menelepon tapi tidak diangkat. Akhirnya saya coba persuasi dengan sedikit menggertak, saya tuliskan bahwa lokasi smartphone saya sudah terlacak dan disampaikan lokasinya secara detail lewat lock messages, dan alhamdulillah orang yang menemukan menelepon balik tidak lama kemudian.

Tampilan Lock message 1, ternyata di screen capture sama orang yang menemukan

Tampilan Lock message 1, ternyata di screen capture sama orang yang menemukan

Alhamdulillah ada itikad baik dari orang yang menemukan smartphone saya, katanya beliau menemukan smartphone saya di jalan dan beliau gabisa buka smartphonenya (karena saya lock). Saat itu beliau bilang smartphone saya ada dirumahnya di lokasi yang sesuai lokasi terlacak pada find my device dan baru melihat nomor yang bisa dihubungi di layar smartphone saya lewat lock message yang saya tuliskan. Kemudian, beliau menghubungi nomor tersebut dan insyaAllah esok harinya akan dikembalikan ke rumah saya. 

Alhamdulillah sesuai yang dibicarakan lewat telepon, orang yang menemukan smartphone saya pagi esok harinya mengembalikan smartphone saya ke rumah sesuai alamat yang saya tuliskan di lock message.dan saya berikan imbalan seikhlas saya. Orang yang menemukan smartphone saya adalah pengemudi ojek pangkalan di dekat rumah saya dan menemukan smartphone saya di jalan saat beliau dalam perjalanan pulang menuju rumahnya sesuai lokasi yang terlacak lewat find my devices. Alhamdulillah, terimakasih atas kejujuran beliau semoga rezeki beliau selalu dilimpahkan oleh Allah. Aamiin

Hatur nuhun bapak pengemudi ojek pangkalan yang sudah mengembalikan smartphone saya ke rumah

Pelajaran yang bisa didapat dari pengalaman ini:
1. Selalu berhati-hati untuk menyimpan smartphone kita di tempat yang aman, jika disimpan di saku jaket, usahakan saku yang tertutup, misal di saku dalam atau saku yang ada penutup seletingnya
2. Selalu aktifkan location history di smartphone kita. Jadi kalau ada kejadian yang tidak diinginkan seperti ini bisa dilacak lokasinya dan dikunci lewat fitur lock device di find my device. Kemudian bisa pasang nomor yang bisa dihubungi di lock message
3. Alhamdulillah masih diridhoi Allah dengan smartphone ini, ke depannya saya harus perbanyak sedekah dan ibadah kepada Allah SWT

Terima kasih
Bandung
Maret 2018, baru dituliskan di blog ini Mei 2018

Komentar

Postingan Populer