Bandung kini memiliki Bis Sekolah Gratis untuk Pelajar Kota Bandung

Bis sekolah yang ditunggu-tunggu khalayak publik kota besar di Indonesia akhirnya terealisasi juga di Bandung di bawah kepemimpinan Walikota Ridwan Kamil. Bis sekolah ini diharapkan dapat menekan jumlah kendaraan pribadi yang biasa digunakan untuk transportasi warga untuk mengantar sekolah. Sehingga dengan upaya ini diharapkan kepadatan di jalanan kota Bandung dapat berkurang di jam-jam pagi dan sore saat jam masuk dan jam keluar sore. Hal ini adalah salah satu upaya dalam mengatasi masalah kemacetan Kota Bandung, selain dengan rencana pembangunan monorail Bandung Raya yang akan dilaksanakan tahun depan, sistem rayonisasi sekolah dengan memberi insentif nilai untuk pelajar yang sekolah di lokasi yang dekat sekolahnya, fun day damri gratis untuk pelajar seluruh rute pada hari senin dan kamis, rencana cable car, rencana revitalisasi Bus Rapid Transit, Trans Metro Bandung, dan upaya lainnya.

Bis Sekolah Kota Bandung. sumber : @ridwankamil

Menurut Ridwan Kamil dalam kicauannya di media sosial twitter, Bis sekolah ini dioperasikan setiap hari pada pagi (5.00-7.30), siang (11.00-14.00), dan sore hari (16.00-18.30). Bis ini mulai resmi dioperasikan pada hari Selasa, tanggal 7 Oktober 2014. Rute yang dilewati oleh Bis sekolah ini antara lain Leuwi Panjang - Dago, dan Ledeng - Antapani. Gambar waktu operasional dan rute perjalanan bis ini dapat dilihat pada gambar berikut.

Waktu Operasional Bis Sekolah Bandung. sumber : https://twitter.com/relawan_bdg
Peta Rute Angkutan Bis Sekolah Bandung. sumber : https://twitter.com/relawan_bdg

Peta Rute Angkutan Bis Sekolah Bandung. sumber : https://twitter.com/DiskominfoBdg
Bis sekolah ini memiliki layout penumpang yang sama dengan TMB yang baru, dengan layout kursi penumpang di sisi bis dan pegangan untuk penumpang berdiri di tengah bis. Berikut beberapa dokumentasi dari acara peluncuran bis sekolah bandung.

Peluncuran Bus Sekolah Gratis. sumber : https://twitter.com/DiskominfoBdg
Peluncuran Bus Sekolah Gratis. sumber : @ridwankamil
Desain bis sekolah ini cukup unik, berwarna kuning, dan ada gambar hewan langka Indonesia yang dilukis di bagian samping bis. Ada badak Jawa, monyet surili, dan sebagainya. Adanya gambar hewan langka Indonesia ini dimaksudkan agar para pelajar mengenal hewan langka Indonesia tersebut dan menumbuhkan kesadaran untuk menjaganya dari kepunahan. Berikut adalah desain prototip sementara yang dibuat pada desember 2013.

Konsep prototip bis sekolah dengan desain monyet surili. Sumber : @ridwankamil, 2013

Konsep prototip bis sekolah dengan desain badak jawa. Sumber : @ridwankamil, 2013
Bahkan Ridwan Kamil berceloteh lewat kicauannya di twitter mengenai desain bis sekolah ini. "Sesuai anjuran pak deddy mizwar, kalau naik bis sekolah ini, pilih yang ada badaknya" merujuk pada bis sekolah yang memiliki gambar badak.

Kicauan Kang Emil tentang bis sekolah yang bergambarkan badak Jawa. sumber : @ridwankamil
Aya aya wae Kang Emil, yang pasti Bandung Juara!

Komentar

Postingan Populer