Cara Memantau Kondisi Lalu Lintas Jalan Tol secara Live Streaming

Jalan Tol adalah jalan berbayar dan (seharusnya) bebas hambatan atau bebas kemacetan. Oleh karena itu, banyak orang rela membayar tarif tol demi mendapatkan akses jalan yang lancar tanpa kemacetan dengan menggunakan jalan tol. Tetapi dalam kondisi tertentu, jalan tol terkadang mengalami hambatan juga. Misalnya terjadi kecelakaan, jalan ambles, kepadatan arus mudik di ruas-ruas jalan tol. Seringkali hal-hal ini lah yang menyebabkan kemacetan panjang  di ruas jalan tol dan merugikan pengguna jalan tol.

Kemacetan Arus Mudik Cikampek. Sumber : Merdeka.com/dwi narwoko ©2012 

Tol Cipularang Ambles KM 91. Sumber : http://www.berita9online.com/

Untuk itu, pengguna jalan tol harus diberikan informasi aktual mengenai kondisi ruas jalan tol. Misalkan pengguna Jalan tol Cipularang dari Jakarta menuju Bandung untuk long weekend dan ingin menghindari kepadatan di perjalanan lewat tol Cipularang, jika mengetahui kondisi aktual di ruas-ruas jalan tol tentunya dapat memantau kapan waktu yang tepat untuk memulai perjalanan, sehingga dapat menghindari kondisi kemacetan dan kepadatan di perjalanan.

Sumber informasi mengenai kondisi lalu lintas di jalan tol sebenarnya cukup banyak dan mudah diakses. Contohnya lewat berita di televisi, radio, maupun media sosial seperti lewat akun twitter NTMC kepolisian RI atau jasamarga. Selain itu, informasi ini dapat diakses dengan menggunakan aplikasi maps dan GPS di gadget yang menyediakan kondisi lalu lintas, seperti Waze atau Google maps. Namun, ada satu media informasi kondisi jalan tol yang menurut saya sangat bagus, yang menyediakan Live Streaming kondisi ruas ruas jalan tol, yaitu http://jasamargalive.com/

Tampilan website live streaming Jasa Marga. Sumber : http://www.jasamargalive.com/

Tampilan mobile website live streaming Jasa Marga. Sumber : http://m.jasamargalive.com/

Website ini memberikan informasi berupa video streaming kondisi lalu lintas di ruas jalan tol yang di-update setiap kurang lebih 10 menit. Jika diakses dari perangkat mobile anda, versi mobile akan menampilkan kondisi lalu lintas di jalan tol berupa foto, bukan video seperti versi desktop. Dalam menggunakan website ini, kita dapat mengikuti petunjuk berikut ini (sumber : Help)

Panduan Pengguna

Terdapat dua cara pemilihan live streaming cctv:
  • Melalui select menu pada gambar dibawah ini
  • Melalui Peta lokasi kamera
Pemilihan Melalui Select Menu
Pilihlah lokasi ruas terlebih dahulu pada no. 1 untuk melihat kamera cctv, ruas ini mewakili area tol seperti Tol Jakarta - Cikampek (JAKPEK). Setelah lokasi ruas terpilih maka muncul pilihan kamera, saat pemilihan kamera selesai otomatis gambar terakhir kamera akan muncul di Live Streaming player.

Untuk memainkan video streaming anda bisa menekan tombol disebelah no. 2 Untuk menghentikan atau pause silahkan tekan tombolno. 5 . Tombol no. 3 digunakan untuk mendapatkan gambar video streaming terbaru jika sudah ada kurang lebih 2 menit terupdate, sedangkan tombol no. 4 adalah petunjuk arah lokasi kamera.

Pemilihan Melalui Peta Lokasi


Cara kedua untuk memilih video dapat anda lakukan dengan mengklik no. 7 pada gambar peta, no. 6adalah gambar yang mewakili ruas area tol jika diklik akan menampilkan informasi singkat mengenai ruas tersebut. Tombol no. 8 adalah tombol navigasi peta anak panah dengan 4 arah sebagai navigasi pergerakan peta ke area lain dapat anda lakukan pula dengan mengedrag mouse langsung pada peta. Sedangkan tombol + / - adalah proses zoom in dan out peta.

Sebagai contoh saya ingin mengetahui kondisi lalu lintas terkini di pintu Tol Pasteur yang berada di Ruas jalan tol Padalarang Cileunyi (Padaleunyi). Pilih Ruas Padalarang Cileunyi dan Lokasi Kamera Pintu Tol Exit Pasteur. Maka akan ditampilkan video streaming di lokasi sebagai berikut.

Kondisi Jalan Tol Exit Pasteur Bandung 8/9/2014 10:04:14 AM Sumber : http://www.jasamargalive.com/

Setelah melihat kondisi kepadatan tersebut, sebagai pengemudi jika ingin menghindari kepadatan tentunya dapat memutuskan untuk menggunakan akses tol lain seperti Baros di Cimahi atau di Pasir Koja. Semoga informasi ini dapat membantu teman-teman.

Komentar

  1. Kalau Pake LewatMana.com terkadang terlambat realtime, dan kurang lengkap (untuk tol), kalo jasamargalive.com kelihatannya lengkap ya Mas Widi? Seluruh Jasamarga di Jawa ada disini meskipun hanya terbatas pada Jalan Tol yang dikonsensuskan ke Jasamarga saja.

    Oh iya, blognya sudah saya masukkan ke daftar "Friend's Link" di blog ku, mudah-mudahan bisa ngangkat Traffic

    BalasHapus
    Balasan
    1. jasamargalive.com lumayan lengkap mas, apalagi tol jakarta cikampek itu lengkap. Tp ada beberapa titik di ruas lain yang blum lengkap belum ada kamera nya. Lewatmana.com bagus mas saya baru liat, khususnya buat jalan selain tol. Bisa tuh mas jd topik blog hehehe

      Oh oke makasih mas ali.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer